Friday, November 19, 2010

Dendeng Belado



Lebaran haji seperti biasa kita selalu dapet jatah juga. Karena kita kurban sapi maka kita pun dapet jatahnya sapi.
Aku selalu bingung kalo dapet daging kurban, karena dapetnya 3 kg sementaran kami cuma berdua. Mau diapakan daging sebanyak itu.
Dulu aku pernah bikin abon dari daging tersebut, tapi pegel juga nyuir-nyuir daging sapi 3 kg. Tanganku sampai merah-merah pedih.
Daripada bingung aku masukin ke freezer aja beres. Kalau pengen masak tinggal ambil.
Siang ini aku bikin dendeng belado. Dagingnya aku rebus pake presto trus aku goreng aku bumbuin dendeng, sementara kaldunya aku buat sop. Perpaduan yang cocok.

Dendeng Belado (a la ku)

1/4 kg daging has sapi, rebus dengan garam hingga empuk
10 btr bawang merah, tumbuk kasar
20 cabe merah keriting, tumbuk kasar
1 tomat ukuran besar, potong tipis-tipis
4 tetes cuka
garam secukupnya
minyak goreng

Caranya :

1. Goreng daging hingga kecoklatan kemudian geprek pakai ulekan hingga pecah-pecah.
2. Tumis bawang merah, cabe dan tomat sampai matang, tambahkan cuka dan garam.
3. Masukkan daging, aduk-aduk sampai bumbu meresap. Matikan apinya.
4. Hidangkan untuk 2 orang.

Rasa pedas dan asam dari cuka membuat kita ketagihan untuk nambah nasi, lagi dan lagi.....

No comments:

Post a Comment