Tuesday, October 26, 2010

Tahu Cepu


Aku diperkenalkan makanan ini oleh kedua orangtuaku. Cepu adalah daerah asal bapakku di jawa tengah. Sebuah kota kecil di perbatasan jawa tengah dan jawa timur yang dibatasi oleh sungai bengawan solo. Mungkin sebenarnya nama makanan ini bukan tahu cepu, namun karena keluarga kami tinggal di jogja maka kami selalu menyebutnya tahu cepu sesuai dengan tempat makanan ini berasal.
Makanan ini biasanya dibuat oleh ibuku di waktu sarapan. Dimakan dengan nasi dan krupuk kampung yang berbentuk bulat putih. Rasanya memang enak dengan bumbu kacang yang dikecapin. Setiap kali makan tahu ini, ada sensasi kembali ke kampung halaman bapak di Cepu. Pokoknya seluruh keluarga Cepu kami di Jakarta pasti bahagia dan surprise apabila bertemu dengan makanan ini. Cepu banget....

Tahu Cepu

Bahan :

1 bh tahu putih yang besar, potong menjadi 4 dan goreng
1 genggam taoge mentah
2 batang seledri, iris halus
Bawang goreng

Bumbu :

1 genggam kacang tanah goreng
2 bh cabe rawit (sesuai keinginan)
2 siung bawang putih
3 lmbr daun jeruk, iris halus
1/2 gls air rendaman buah asam
4 sdm kecap manis
Garam secukupnya

Caranya :

1. Buat bumbu kacang, ulek semua bumbu, terakhir masukkan kecap dan air asam.
2. Potong kecil-kecil tahu, tambahkan taoge di atasnya. Siram dengan bumbu kacang kemudian taburi daun seledri dan bawang goreng.
Makan dengan nasi panas dan krupuk kampung.




2 comments:

  1. jadi pengen nyoba neh......... gek jaman smp sd. sma, beli tahu campur yg didepan sekolahan, yang warungnya ijo kalo ndak lupa, yang yang jual mbak2 dipinggir jalan raya cepu blora.

    ReplyDelete
  2. Coba aja. Gampang banget kok bikinnya ... :)
    Selamat mencoba ya....

    ReplyDelete