Saturday, October 2, 2010

Rica Entog


Belakangan ini makanan yang berbasis bebek menjadi primadona di mana-mana. Hampir di setiap kota yang kita lalui ,rumah makan, warung-warung bahkan cafe mengusung menu bebek.

Daging bebek memang gurih, akan tetapi kami menjaga diri untuk tidak mengkonsumsinya. Menurutku dagingnya terlalu minim dan kalau tidak pandai mengolahnya baunya akan kurang sedap atau wengur dalam istilah kami. Dan yang lebih penting adalah kandungan kolesterolnya cukup mengerikan buat kami.

Sebagai subtitute-nya kami mengolah entog atau bebek manila yang lebih bersahabat dari sisi bau, ketebalan daging dan mungkin kandungan kolesterolnya. Dari sisi rasanyapun tak kalah.

Berikut ini aku ingin berbagi resep Rica Entog yang berasal dari kota Magelang. Di sana masakan ini sedang menjamur karena digemari masyarakat setempat. Sebetulnya nama dari masakan ini sendiri salah kaprah. Bumbu makanan ini tidak mirip sama sekali dengan rica-rica yang umum yang notabene adalah masakan menado. Rica entog ini lebih mirip dengan semur pedas bahkan kadang mirip dengan tongseng, tergantung dari resep masing-masing penjualnya. Yang lebih lucu mereka menyajikan Rica Entog ini dengan irisan kol mentah dan irisan ketimun sebagai lalapan. Jadi sekilas mirip sajian tongseng.

Rasa masakan ini adalah pedas dan manis. Pedasnya berasal dari merica, cabe rawit dan jahe sehingga menghasilkan rasa pedas yang menyengat sekaligus membuat kita ketagihan. Warna masakan ini coklat hasil dari penambahan gula merah dan kecap. Bagi penggemar masakan pedas, masakan ini sangat menantang. Kalau ingin lebih pedas tentu saja bisa diperbanyak cabe dan mericanya. Masakan ini cocok bagi mereka yang sedang terjangkit flu karena pedasnya akan mengencerkan dahak di tenggorokkan serta menghangatkan badan.

Namun bagi teman-teman yang lebih sreg dengan bebek, silahkan mencoba mengganti dengan bahan dasar bebek. Tentu tak kalah sedapnya.

Rica Entog

Bahan-bahan :

1 ekor Entog ukuran sedang dipotong kecil-kecil kurang lebih diameter 3 cm

Bumbu :

2 bh Tomat belah 4
4 siung Bawang putih
10 butir Bawang merah
20 buah Cabe rawit merah
5 cm Jahe
5 btr Kemiri
30 btr Merica
1 btg Sereh geprek
3 cm Laos geprek
5 lmbr Daun Salam
Kecap Manis secukupnya
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
Penyedap secukupnya

Caranya :

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, cabe rawit, kemiri dan merica. Tumis bersama laos, sereh dan daun salam sampai harum.
2. Masukkan entog, tambahkan air 1,5 ltr. Didihkan. Masukkan garam dan tomat. Ungkep sampai empuk.
3. Terakhir masukkan gula merah, kecap dan penyedap. Masak hingga kuah menyusut. Hidangkan dengan nasi hangat dan kerupuk putih bulat.

Selamat mencoba. Sekarang anda nggak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Magelang untuk makan masakan ini.

1 comment:

  1. Thanks ya mb resepnya sudah saya uji coba enak cuma entognya sy ganti ayam (g punya entog^^) trus saya tambahin mericanya krn suami sy sk yang pedasnya nendang :D

    ReplyDelete