Thursday, September 30, 2010

Calamari Pedas ala Thai


Sebenarnya aku tidak begitu suka cumi-cumi. Rasanya kadang hambar dan sering kurang segar sehingga berbau. Pagi ini aku mau masak tapi malas mau belanja ke pasar. Ketika aku buka freezer ternyata masih ada satu kotak cumi-cumi beku. Pikir punya pikir tiba-tiba terbesit cumi goreng tepung.
Kali ini aku ingin membumbui cumi goreng tepung agar tidak terlalu plain.
Karena suamiku suka masakan pedas, okelah aku tambahkan cabe. Terciptalah resep ini. Resep yang akhirnya menjadi favorite suamiku.


Bahan-bahan :

1/2 kg Cumi segar dipotong cincin
1 0ns terigu
Garam secukupnya
1/4 sdt merica bubuk

7 Cabe rawit merah
5 Cabe merah keriting
2 Siung Bawang Putih
5 Siung Bawang Merah iris tipis
10 lmbr Daun Jeruk
1 btg Sereh digeprak
Garam secukupnya
Gula Pasir secukupnya
Cuka 3 tetes

Caranya :

1. Taburi cumi dengan terigu, garam dan merica sampai tertutup semua. Ongklok dalam panci sampai rata tertutup.
2. Goreng dengan minyak panas sampai renyah kemudian angkat dan sisihkan.
3. Masukkan cabe dan bawang putih dalam food processor. Cincang kasar.
4. Goreng bawang merah iris hingga kuning bersama daun jeruk dan sereh, masukkan cabe cincang. Tambahkan garam, gula dan cuka. Aduk-aduk hingga matang. Matikan api.
5. Masukkan cumi dan aduk-aduk dengan bumbu pedas. Sajikan dengan nasi panas.

No comments:

Post a Comment