Thursday, May 26, 2011

Minyak Bekatul


Belakangan ini cara hidup sehat makin disadari oleh masyarakat dengan adanya berbagai penyakit berat karena kurang memperhatikan pola makan dan pola hidup.

Selama ini kita mengenal akrab minyak zaitun yang memiliki khasiat memelihara kesehatan terutama jantung dan darah. Memang harga minyak zaitun relatif mahal apalagi kalau kita gunakan untuk tujuan mengolah makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Mengingat pola makan orang Indonesia tidak bisa terlepas dari makanan goreng-gorengan dan tumis-tumisan, untuk menggunakan minyak ini tentu saja akan menyita budget belanja.

Ternyata kita tidak perlu bersedih hati karena ingin menjalankan pola hidup sehat. Baru-baru ini aku menemukan minyak yang tidak kalah khasiatnya dengan minyak zaitun di sebuah supermarket yaitu minyak bekatul atau Rice Brand Oil. Harga minyak ini relatif lebih murah dibanding minyak zaitun walaupun lebih mahal dibanding minyak goreng kelapa sawit. Per liter harganya Rp. 32 rb, setara dengan harga minyak jagung, kedelai dan canola.

Minyak ini dibuat dari kulit ari beras atau bekatul yang diekstraksi dan dimurnikan dengan metode penyaringan extra cold. Minyak ini mempunyai cita rasa yang enak sama dengan minyak kelapa sawit yang kita gunakan selama ini. Titik asap minyak ini paling tinggi dibanding minyak makan lainnya yaitu 254 derajat celcius, artinya minyak ini tidak akan rusak dan berbahaya apabila digunakan untuk menggoreng pada suhu dibawah 254 derajat C.Karena titik asapnya tinggi maka minyak ini bisa digunakan untuk menggoreng, menumis dan juga sebagai minyak salad.

Karena minyak bekatul mengandung Gamma Oryzanol maka minyak ini sangat baik bagi kesehatan darah dan jantung karena membantu menurunkan LDL-C atau kolestrol jahat dalam darah. Gamma Oryzanol juga merupakan anti oksidant alami yang dapat mengusir radikal bebas sehingga juga baik untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan asam lemaknya bahkan lebih tinggi dari asam lemak yang terkandung dalam minyak zaitun.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo kita mulai ganti minyak kita dengan minyak bekatul yang tentu saja bahan bakunya banyak tersedia di negeri kita. Sementara waktu memang minyak ini masih diproduksi oleh Thailand namun sangat mungkin apabila kita sudah banyak masyarakat yang menggunakannya, produsen Indonesia akan mempertimbangkan untuk membuatnya. Tentu saja harganya pun akan lebih terjangkau. Semoga.

Untuk saat ini sehat memang mahal....

No comments:

Post a Comment